- Menyelengarakan pembelajaran yang mampu mewujudkan peserta didik berakhlak mulia, berbudi pekerti luhur dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Keimanan dan ketakwaan serta akhlak mulia menjadi dasar pembentukan kepribadian peserta didik secara utuh. Kurikulum yang disusun memungkinkan semua mata pelajaran dapat menunjang peningkatan iman dan takwa serta akhlak mulia. Khusus untuk peningkatan keimanan dan ketakwaan ini di SMA Negeri 1 Mojosari Mojokerto dilaksanakan juga program Pengajian dan pendalaman agama Islam yang diisi dengan kegiatan pengajian rutin setiap pagi bergiliran setiap kelas, akhlak dan budi pekerti, juga dilaksanakan pada saat pelaksanaan literasi setiap hari kamis dan jumat peserta didik membaca Al-qur’an, Selain itu peringatan hari-hari besar keagamaan dilaksanakan dengan mengundang penceramah yang kompeten atau memanfaatkan warga sekolah juga melaksanakan qurban.
- Menyelengarakan pembelajaran dengan memberikan banyak perhatian kepada keunikan peserta didik dengan menciptakan suasana pembelajaran lebih manusiawi (humanis), kooperatif dan demokratis.Sesuai dengan tingkat perkembangan dan kemampuan peserta didik. Kurikulum SMA Negeri 1 Mojosari Mojokerto disusun dengan memperhatikan keragaman potensi, minat, kecerdasan intelektual, emosional, spiritual, dan kinestetik peserta didik agar dapat berkembang secara optimal sesuai dengan tingkat perkembangannya yang mencakup domain sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
- Menyelengarakan pembelajaran yang mampu menumbuh kembangkan semangat keunggulan apresiatif dan bernalar sehat kepada peserta didik, guru dan karyawan sehingga berkemauan kuat untuk terus maju.
- Menyelengarakan pendidikan dengan mengembangan layanan profesional dan semangat kerja dan keteladanan guna meningkatkan prestasi kerja dan prestasi belajar peserta didik.
- Menyelengarakan pembelajaran yang melahirkan generasi yang memiliki potensi dan kompetensi yang dibutuhkan masyarakat.
- Menyelengarakan pembelajaran yang menanamkan sikap yakin, percaya diri, gigih, dan ulet dalam berkompetisi di lingkungan sekolah dan masyarakat.