Sepuluh Universitas Terbaik di Indonesia

imagesKabar baik datang dari pendidikan Indonesia. Menurut penilaian QS World Universities Rankings banyak universitas yang mengalami kenaikan peringkat yang signifikan.

Apa dan berapa saja peringkat universitas top di Indonesia? Berikut ini Sepuluh Universitas Terbaik di Indonesia, saya ulas lengkap untuk anda.

1. Universitas Indonesia

Universitas Indonesia (UI) berhak berada pada posisi pertama universitas terbaik di Indonesia, setelah mereka naik ke posisi 67 Universitas terbaik di Asia. Tentu saja hal ini berbanding lurus dengan sejarah mereka sebagai Universitas pertama di Indonesia. Tentu dengan pengalaman yang lebih lama, mereka bisa membuktikan mereka yang terbaik daripada yang lain.

2. Institut Teknologi Bandung

Siapa yang tidak kenal Ir. Soekarno sang macan asia? Pemimpin pertama bangsa Indonesia ini merupakan lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB). ITB menerapkan kurikulum berbeda  yang lazim mereka sebut kelas 13, bagi mahasiswa baru mereka. Dimana pada semester awal para maba tidak langsung masuk prodi tetapi masuk fakultas. Namun, dengan kurikulum berbeda yang mereka terapkan, itu menjadi salah satu faktor yang membuat mereka menjadi Universitas terbaik peringkat 86 di Asia. Oleh karena itu, ITB berhak menyandang predikat Universitas terbaik kedua di Indonesia.

3. Universitas Gadjah Mada

Siapa yang tidak kenal presiden Indonesia saat ini, Ir. H. Joko Widodo? Pak Jokowi pernah memakai almamater Universitas Gadjah Mada (UGM) sebagai mahasiswa kehutanan UGM. UGM dengan segala kelebihan yang dimilikinya mencetak pemimpin bangsa ini berhak menempati posisi ke 105 Universitas terbaik di Asia. Oleh karena itu, UGM berhak mendapat predikat Universitas terbaik ketiga di Indonesia.

4. Universitas Airlangga

Sebagai penduduk Jawa Timur, siapa tidak mengenal Pakde Karwo sang Gubernur? Pakde Karwo tercatat sebagai alumni mahasiswa Universitas Airlangga (Unair) sebagai mahasiswa hukum Unair. Unair menjadi Universitas terbaik di Jawa Timur karena kehebatan mereka mencetak alumus-alumnus yang berkelas dan diperhitungkan. Termasuk salah satu guru Kimia di SMAN Mojosari yaitu Bapak Istihadi, S.Pd. Dengan kehebatan mereka inilah Unair berhak menempati posisi ke 190 Universitas terbaik di Asia. Oleh karena itu, Unair berhak atas predikat Universitas terbaik di Jawa Timur dan Universitas terbaik keempat di Indonesia.

5. Institut Pertanian Bogor

Siapa tidak mengerti Institut Pertanian Bogor (IPB)? Fakultas Kedokteran Hewan mereka sering dan banyak ditembus siswa-siswi SMAN Mojosari tidak tanggung-tanggung mereka menembusnya melalui jalur undangan. IPB mungkin satu-satunya Universitas di Jawa Barat yang menjadi favorit para penembus jalur SNMPTN dari SMAN Mojosari. Selain itu, IPB mencetak ahli-ahli profesional di bidang pertanian yang terkenal di Indonesia. Untuk itu, IPB berhak menempati posisi 191 Universitas terbaik di Asia. Berada persis di bawah Unair. Dan pasti IPB berhak menempati posisi kelima Universitas terbaik di Indonesia.

6. Universitas Padjajaran

Siapa tidak tahu Persib Bandung? Universitas Padjajaran (Unpad) merupakan salah satu official sponsorship Persib. Oleh karena itu, Universitas ini berkali-kali menyandang predikat Universitas dengan pelamar SNMPTN terbanyak di Indonesia. Oleh karena itu, Unpad leluasa mencari mana pelamar SNMPTN yang berkualitas bagi mereka. Dengan keunggulan itu, Unpad menempati posisi 199 Universitas terbaik di Asia. Dan menjadi Universitas terbaik keenam di Indonesia.

7. Universitas Diponegoro

Universitas Diponegoro (Undip) siapa tidak mengetahuinya? Menjadi Universitas dari Jawa Tengah yang paling banyak menerima mahasiswa asal SMAN Mojosari melalui jalur Undangan. Bertempat di wilayah pegunungan di dekat Kota Semarang tentu menjadikan suasana pembelajaran yang baik dan cocok dengan para mahasiswanya. Karena itulah Undip berada di posisi 231 Universitas terbaik di Asia dan berada di posisi 7 Universitas terbaik di Indonesia.

8. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) siapa tidak tahu? Universitas pertama yang dibangun oleh Rakyat Indonesia ini terkenal dengan jargon mahasiswa mereka yaitu “Arek ITS CAK!.” CAK yang berarti Cerdas Amanah¬† Kreatif ini membuat lulusan mereka, salah satunya Bapak Hermawan, S.Si sebagai salah satu guru Fisika di SMAN Mojosari diperhitungkan di mata para pemberi pekerjaan di negeri ini bersaing dengan ITB tentunya sebagai Institut terbaik di Indonesia. Untuk itu, ITS berada di posisi 251 Universitas top di Asia dan posisi kedelapan di Indonesia.

9. Universitas Muhammadiyah Surakarta

Mungkin anda sedikit asing dengan Universitas swasta yang satu ini. Tapi jangan salah Universitas Muhammadiyah Surakarta menjadi Universitas swasta terbaik di Indonesia. Dan yang lebih mengkagetkannya lagi, peringkat Universitas ini setara dan sejajar dengan Universitas sekelas ITS. Untuk itu , Universitas ini berhak berada di posisi 251 Universitas top di Asia dan posisi kedelapan di Indonesia setara dengan ITS.

10. Universitas Brawijaya

Anda siswa SMAN Mojosari? Pasti anda tidak asing dengan Universitas Brawijaya (UB) dengan banyaknya prodi mereka membuat UB banyak diburu terutama siswa SMAN Mojosari. Dengan banyak prodi yang mereka buka tentu semakin menambah banyak mahasiswa berkualitas di sana. Oleh karena itu, UB berhak berada di posisi 301 Universitas top Asia dan posisi kesepuluh setelah ITS dan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Itulah 10 Universitas terbaik di Indonesia yang bisa anda jadikan refrensi dimanakah universitas pilihan anda? Ingat ini hanya masalah angka yang dapat berubah. Bukan berarti UI menjadi Universitas terbaik selamanya tetapi UI menjadi Universitas terbaik di Indonesia sampai periode ini. Semoga bermanfaat. (aks)

 

 

One Response

  1. Indonesia Banking School Agustus 23, 2016 Balas

Leave a Reply