Aktivitas

Implementasi Google Classroom Untuk Pembelajaran Menggunakan G-Suite Account

Bersamaan dengan agenda In House Training tentang Review KTSP pada Hari jumat 2 Agustus 2019, guru-guru SMAN 1 Mojosari juga mendapatkan materi tentang Peningkatan Mutu Pembelajaran dengan materi Implementasi Google Classroom Untuk Pembelajaran Menggunakan G-Suite Account. Acara yang dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Cabang Kab./Kota Mojokerto ini diharapkan semakin meningkatnya kompetensi guru dalam menggunakan produk teknologi informasi untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

G-Suite atau Google Suite adalah paket layanan Google berbasis cloud yang menyediakan cara baru untuk bekerja sama secara online bagi perusahaan atau lembaga pendidikan. G-Suite merupakan layanan premium dari produk gratis Google yang sudah kita kenal sebelumnya. Jika sebelumnya kita mengenal produk email gratis dari Google dengan gmail-nya maka dengan G-Suite kita bisa mendapatkan email corporate sesuai dengan domain lembaga kita. Atau sebelumnya jika kita telah memeliki free acoount google, kita mendapatkan fasilitas ruang penyimpanan maya sebesar 15 GB per akun, maka dengan G-Suite kita bisa mendapatkan storage yang lebih besar dan bahkan bisa juga unlimited, tergantung dari jenis acoount G-Suitenya.

Untuk mendapatkan layanan ini bagi personal atau lembaga umum tentunya tidak gratis, ada harga yang harus dibayar. Untuk mengetahui harga G-Suite silahkan baca di sini.

SMAN 1 Mojosari adalah satu dari tidak banyak lembaga pendidikan di Indonesia/dunia yang diberikan kesempatan dan kepercayaan Google dengan memberikan layanan Google Suite for Education (GSE). Dengan layanan ini kami bisa membuat email bisnis dengan dengan domain @sman1mojosari.sch.id sebanyak yang kami inginkan. Hingga kini sudah 1377 akun telah kami terbitkan untuk seluruh siswa, guru dan karyawan. Kami juga tidak dibatasi kapasitas penyimpanan (storage) Google Drive yang hanya 15 GB, tapi kami memiliki storage unlimited per akun. Melalui G-Suite ini kami juga bisa manage akun user dan group sehingga bisa melakukan reset, backup, restore, dan kustomisasi fitur Google oleh admin lembaga.

Salah satu produk G-Suite yang telah kami manfaatkan adalah Google Classroom. Google Classroom adalah ruang maya dimana kita bisa berinteraksi layaknya pada ruang kelas. Pada ruang ini, guru bisa memberikan materi pelajaran, membuat dan mengirimkan tugas, dan melakukan penilaian dengan mudah karena dukungan resource yang saling terhubung.

Berikut ini materi IHT Implementasi Google Classroom Untuk Pembelajaran Menggunakan G-Suite Account :

Join The Discussion