17 Agustus selalu menjadi hari yang istimewa di hati rakyat Indonesia. Berbagai acara, mulai dari upacara bendera, karnaval, jalan santai, hingga macam-macam perlombaan diselenggarakan untuk memperingati bertambahnya usia negeri tercinta.

Tak mau kalah, Kamis (17/8), SMA Negeri 1 Mojosari turut memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia ke-78 ini dengan menyelenggarakan upacara bendera. Seluruh warga SMA Negeri 1 Mojosari, mulai dari bapak/ibu guru hingga siswa-siswi kelas X sampai kelas XII memadati lapangan utama tempat upacara bendera dilangsungkan.

Diselenggarakan sejak pukul tujuh pagi, upacara bendera dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Indonesia ini memakan waktu persiapan kurang lebih sepuluh hari. MPK/OSIS diserahi tanggung jawab untuk mempersiapkan segala keperluan, mulai dari perlengkapan, kostum, dan lain-lain. Tidak sendirian, MPK/OSIS turut menggandeng Kopasbransa yang mengemban tugas suci mengibarkan bendera merah putih.

Pada kesempatan yang berbahagia tersebut, Miming Nur Faridah S.Pd. selalu pembina upacara menyampaikan satu-dua pesan berlandaskan semangat kemerdekaan kepada siswa-siswi SMA Negeri 1 Mojosari.

“Dalam momen kemerdekaan ini, saya harap kita bisa menjalankan peran kita masing-masing sebaik mungkin, entah itu sebagai siswa, sebagai guru, maupun sebagai warga SMA Negeri 1 Mojosari. Dan yang terakhir, mengutip dari motivasi bapak proklamator, dream as high as the sky. If you fall, you will fall among the stars.”

Mengakhiri prosesi upacara, MPK/OSIS mempersembahkan “Wonderland”, yaitu pertunjukan tari tradisional singkat sebagai wujud implementasi dimensi P3, berkebhinekaan global, bergotong royong, dan kreatif.

Seluruh siswa SMA Negeri 1 Mojosari tampak bersemangat dan antusias dalam mengikuti rangkaian kegiatan upacara bendera, terlebih ketika Wonderland ditampilkan.

Rosyid, perwakilan MPK/OSIS mengaku senang, lega, sekaligus terharu kala penampilannya dan kawan-kawan mampu memukau seluruh warga SMA Negeri 1 Mojosari di hari kemerdekaan ini. Melalui Wonderland, menurutnya banyak hal positif yang dapat diambil, mulai dari budaya, bahasa, adat istiadat, hingga keragaman menarik lain dari seluruh penjuru Indonesia.

“Yang pastinya saya berterimakasih kepada bapak/ibu guru yang sudah memberikan kesempatan kepada kami (MPK/OSIS) untuk tampil pada Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 di SMA Negeri 1 Mojosari.” ungkapnya.

Wonderland, dari SMA Negeri 1 Mojosari untuk Indonesia!

 

Reporter: Qonita R. Penulis: Qonita R.